DI USIA KE 10 TAHUN KABUPATEN SAROLANGUN TELAH BERHASIL MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

JAMBI, Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) suatu Kabupaten merupakan kesempatan untuk mengevaluasi perjalanan dan prestasi pembangunan yang telah dilaksanakan selama kurun waktu tertentu, sebagaimana pada peringatan HUT ke 10 Kabupaten Sarolangun ini, demikian sambutan tertulis Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin, yang disampikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs. A.M. Firdaus, M.Si, Senin (26/10) pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sarolangun dalam rangka peringatan HUT Ke 10 Kabupaten ini.

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sarolangun dipimpin langsung oleh Ketuanya Susi Apriyanti dengan didampingi para Wakil Ketuanya ini selain dihadiri Sekda Provinsi Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun juga dihadiri para pejabat di Kabupaten Sarolangun, para mantan Bupati Kabupaten Merangin, para Bupati/Walikota dalam Provinsi Jambi, dan Bupati Kabupaten Provinsi Tetangga, para unsure pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Merangin, Badan, para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Menurut Gubernur, telah banyak prestasi yang telah diraih Kabupaten Sarolangun, tetapi tegas Gubernur, harus diingat bahwa dengan prestasi tersebut, maka kedepan terbentang tantangan yang harus dihadapai. Sebagaimana diketahui tambah Gubernur, bahwa dalam proses perjalanan pemerintah dan Kabupaten Sarolangun dalam usianya yang relatif muda telah dapat menempatkan daerahnya pada posisi peran yang sangat sukses dalam memberikan sumbangsih untuk memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya secara keseluruhan. Langkah demi lamhkah menuju terwujudnya cita-cita rakyat daerah ini secara konsisten telah dilaksanakan oleh Pemeirntah bersama rakyatnya, sehingga memberikan hasil seperti yang dapat dilihat saat ini.

Pada kesempatan ini Gubernur juga menyampaikan, kesejahteraan rakyat adalah masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia, yang mesti diwujudkan melalui pantahapan pembangunan, bahkan melalui pelbagai program khusus. Apa yang telah dicapai hingga saat ini, sepenuhnya disadari masih jauh dari yang dicita-citakan dalam pembangunan, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Dijelaskan Gubernur, bahwa tujuan pembangunan itu sendiri pada ahakikatnya adalah untuk manusia. Karena itu semua tantangan yang dihadapaiakan bermuara pada masalah utama pembangunan yang sekaligus pula merupakan tantangan utama pembangunan, yaitu bagaimana agar kesejahteraan rakyat dapat ditingkatkan. Oleh karenanya, melalui kesempatan ini Gubernur melihat, untuk dekade mendatang ada beberapa hal utama dalam pembanghunan Kabupaten Sarolangun yang membutuhkan kreaktivitas dan kerja keras Birokrasi, antara lain permasalahan wilayah perbatasan yang masih perlu sentuhan pembangunan, agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan. Karena masalah batas wilayah dapat saja menjadi sumber konflik maupun isu-isu serta bahan provokasi dari pihak-pihak tertentu untuk tujuan yang tidak diinginkan, dan dampak lebih jauh lagi, batas wilayah dapat dijadikan konsumsi politik oleh kelompok-kelompok tertentu, tegas Gubernur.

Selain itu menurut Gubernur, yang perlu menjadi perhatian adalah pemanfaatan lahan perkebunan yang harus dijawab dengan tranformasi ekonomi perkebunan ke ekonomi industri dan jasa. Transpormasi ke sektor industri sudah memiliki embrio dengan potensi yang cukup besar, khsusnya komoditi karet. Sedangkan potensi pertambangan juga masih belum optimal pemanfaatannya bagi masyarakat sekitar pertambangan. Disamping rasionalisasi sistim kota-kota dan system transpormasi dengan orientasi aktual, perlu dihayati sebagai factor kunci dalam pembangunan daya saing daerah. Terlebih lagi melihat posisi Kabupaten Sarolangun yang sangat strategis di jalur lintas Sumatra. Untuk itulah perlu penanganan pembangunan infrastuktur wilayah yang memadai dan berkesinambungan, harap Gubernur.

Sebelumnya Bupati Sarolangun Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, dalam sambutannya telah menyampaikan berbagai keberhasilan yang telah dicapai selama 10 tahun terakhir, yang diawali dengan penyampaian PDRB di Kabupaten Sarolangun berdasarkan harga berlaku dengan migas yang mengalami kenaikan dari tahun ketahun, dijelaskan Bupati, dimana pada tahun 2008 sebesar Rp.2,71 triliun, sedangkan pada tahun 2007 hanya Rp.2,26 triliun, sedangkan PDRB tanpa migas tahun 2008 sebesar Rp.2,35 triliun, sedangkan tahun 2007 hanya Rp.1,89 triliun.

Selanjutnya jelas Bupati, bila dilihat PDRB perkapita tahun 2008 berdasarkan harga berlaku dengan migas mencapai Rp.12,68 juta, sedangan tahun 2007 baru sebesar Rp.10,79 juta. tanpa migas tahun 2008 baru sebesar Rp.10,96 juta, tahun 2007 baru sebesar Rp.9,01 juta, jika dihitung berdasarkan atas dasar harga konstan (tahun 2000) dengan migas, PDRB perkapita tahun 2008 mencapai Rp.4,97 juta sedakan tahun 2007 sebesar Rp.4,20 juta.

Selain itu pada disampaikan Bupati keberhasilan di berbagaibidang lainnya seperti bidang pendidikan, Peningkatan SDM, Keagamaan, olahraga, Bidang Hukum dan HAM, Bidang pelayanan Publik, kesehatan infrastruktur jalan dan jembatan, kelistrikan, perekonomian, Koperasi, pertanian, perikanan, dan perkebunan.

Untuk sub Sektor perkebunan dan kehutanan, tahun 2007 di kabupaten Sarolangun telah dilakukan kegiatan peremajaan karet seluas 1.000 hektar, perkebunan entres seluas 34 ha (17.000 batang), selanjutnya Pemkab Sarolangun juga telah memberikan bantuan berupa bibit kelapa dalam sebanyak 750 batang, dan untuk menjaga dan melindungi kelestarian hutan serta hewan didalamnya, pemeirntah Kabupaten Sarolangun telah memberikan pembinaan kepada masyarakat dengan metode pembuatan aturan tentang hutan larangan.

Disampaikan juga oleh Bupati, bahwa pada tahun 2008 pemerintah Kabupaten Sarolangun telah melaksanakan peremajaan karet dan pembuatan kebun entres, dan untuk tahun 2009 ini tengah berjalan kegiatan pembangunan jalan produksi antara Desea Penengah – Sungai Merah sepanjang 5 km, bantuan bibit kelapa sawit untuk keluarga pra sejahtera 8.120 sebanyak 26.778 batang, peremajaan karet sebanyak 1 juta batang untuk luas lahan 2.000 ha disamping bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi sebanyak 1,5 juta batang untuk lahan seluas 3.000 ha.

Seusai acara saat diminta tanggapannya mengenai peremajaan karet, Bupati menjelaskan bahwa program ini diharapkan akan terus dilanjutkan, dan diharapkan pada lima tahun kedepan sudah dapat dinikmati hasilnya oleh para petani. Jadi program peremajaan karet oleh Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin ini sangat baik, dan dapat dibayangkan luasan kebun karet rakyat yang telah diremajakan, program Gubernur yang juga didukung program Kabupaten Sarolangun sendisi dimasa mendatang, hal ini sudah jelas tujuannya tidak lain untuk mensejahterakan rakyat, jelasnya.

Berkaitan dengan peremajaan karet, Kepala Dinas Perkebuna dan Kehutanan Kabupaten Sarolangun Ir. Joko Susilo pada kesempatan terpisah menyampaikan, untuk tahun 2009 Kabupaten Sarolangun mendapatkan alokasi untuk luas lahan 5.000 ha, masing-masing satu juta batang dari APBD Kabupaten Sarolangun, dan 1,5 juta bantang dari APBD Provinsi Jambi.

Dijelaskan Joko Susilo, bahwa bantuan bibit dari Provinsi Jambi telah selesai didistribusiskan pada sebelum bulan Romadhan yang lalu, dimana saat itu tengah terjadi musim panas, sehingga saat itu diperlukan perawatan oleh petani sebelum dilakukan penanaman, dan saat ini telah tertanam keseluruhan, saat ini terus dilakukan pemantauan mengenai prosentasi hidup dari bibit karet tersebut, dan untuk sementara ini berdasarkan laporan yang diterima dari lapangan kondisi bibit yang diberikan tersebut ternyata prosentasi hidupnya lebih banyak, walaupun disalurkan saat terjadi musim panas.

Sedangkan bantuan dari APBD dua menurut Joko Susilo, saat ini masih ada beberapa kecamatan yang belum selesai didistribusikan , namun tengah dalam proses pendistribusian dan diperkirakan pada bulan Oktober ini semuanya selesai didistribusikan. Sehingga dua bulan kedepan tinggal melakukan pemantauan perkembangan pendistribusian dari petani yang mendapat bantuan, jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: